Kamis, 04 Oktober 2012

Tugas 1 - Jurnal

Link: http://www.ithb.ac.id/versi_cetak.php?ctg=kolom&id=80&code=&PHPSESSID=3a5d6349b4446179f1794b1f2ce9d417

Kelebihan:
Semakin banyak alternatif dalam pembelajaran matematika yang diberikan oleh guru kepada peserta didik, untuk mempermudah dalam memahami dan memecahkan suatu kasus. Dalam pembelajaran matematika yang diberikan oleh guru, peserta didik diwajibkan dapat menyelesaikan berbagai masalah dengan pola pikir yang sistematis dan logis. Dengan berkembangnya iptek, guru diwajibkan untuk lebih efektif dan efisien dalam menyampaikan materi, gunanya untuk mempermudah dalam proses pembelajaran. Dengan bantuan teknologi, guru dapat menyajikan materi yang terlihat sulit menjadi lebih menarik dan mudah dipahami untuk dipelajari oleh peserta didik. Membantu peserta didik dalam memahami materi. Meningkatkan motivasi dalam diri peserta didik terhadap materi yang diberikan. Pembelajaran matematika harus dapat membantu peserta didik dalam membentuk pola pikir yang benar agar bermanfaat dan dapat berkembang sejalan dengan berkembangnya iptek.

Kekurangan:
Dalam pembelajaran matematika, guru diwajibkan untuk berinovasi seiring kemajuan iptek. Menjadikan guru untuk lebih menguasai teknologi agar tidak tertinggal oleh peserta didiknya. Tetapi, bagaimana dengan guru yang berada di pelosok daerah untuk berinovasi dengan teknologi yang notabennya memiliki kecenderungan pola pikir yang sangat rendah?
Guru hendaknya meningkatkan keterampilan proses dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran matematika pada teknologi agar hasil belajar peserta didik dapat maksimal. Dengan begitu diharapkan murid lebih aktif dalam pembelajaran dan guru mengurangi sistem pembelajaran seperti berceramah. Dan menjadikan guru sebagai fasilitator yang sebenarnya. Masih banyak guru yang belum menyadari betapa pentingnya untuk menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Serta program dan software sebagai alat pendukung pelajaran matematika belum memadai.

Kesimpulan:
Dalam pembelajaran, guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan materi. Selain itu guru juga diharuskan menggunakan berbagai sarana dalam pendidikan. Dengan menggunakan media pembelajaran yang sudah ada, guru harus dapat mengembangkan media pembelajaran seiring kemajuan iptek. Maka dari itu, di jaman yang semakin modern ini bukan hal sulit untuk mempelajari teknologi agar di kemudian hari guru tidak tertinggal dengan peserta didiknya.
Di sisi lain, juga diperlukan calon pendidik matematika yang mampu memanfaatkan dan mengembangkan teknologi pada pembelajarannya untuk mencapai hasil yang maksimal bagi peserta didik. Di era yang maju ini, guru matematika harus berkreatif dalam menyajikan materi belajar menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk para peserta didiknya. Dan, kita sebagai calon guru, harus memiliki skill dalam mengembangkan media pembelajaran yang sudah ada. Memberikan jalan alternatif pemecahan dari masalah kesulitan dalam pembelajaran matematika. Guru pun sebisa mungkin dapat memanfaatkan kemajuan iptek yang ada untuk menarik minat belajar peserta didik untuk menyukai matematika. Guru dituntut untuk berinovasi agar tidak ketinggalan dari peserta didiknya yang terus terdorong dalam perkembangan jaman.

1 komentar: