Senin, 07 Januari 2013

Pembuktian Rumus Menggunakan THE GEOMETER'S SKETCHPAD

Jumat, 4 Januari 2013

Pada kesempatan kali ini, akan dibahas tentang software THE GEOMETERS SKETCHPAD. Software ini dapat digunakan untuk pembuktian rumus.

Langkah pertama, adalah pastikan software ini tersedia di PC anda. Dan inilah tampilan awal dari THE GEOMETERS SKETCHPAD.

Ubah tampilan menjadi grafik koordinat , dengan cara klik Graph , lalu pilih Grid Form, pilih Square Grid.
Tampilan akan berubah menjadi seperti gambar di bawah ini.
Setelah itu buat garis dengan menggunakan Segment Straight Tool, untuk membuat bangun datar trapesium. Gambar seperti di bawah ini.
Setelah itu, beri nama pada tiap titik dengan menggunakan Text Tool
Titik A-B-C-D-E-F.
Kemudian buat garis penghubung antara titik DE dan CF dengan menggunakan Segment Straight Tool.
Setelah itu buat garis penghubung tersebut menjadi garis putus-putus, dengan cara klik kanan pada garis penghubung tersebut. Lalu pilih Dashed.
Untuk mengetahui jarak dari masing-masing garis tersebut adalah dengan cara klik titik A dan E, lalu klik kanan pada garis penghubung AE, pilih Lenght. Lakukan hal serupa untuk mencari pada DE, EF, FB.
Hasil akan seperti gambar di bawah ini.
Buat dengan menggunakan Polygon Tool untuk membuat bangun datar segitiga dan persegi pada trapesium.
Buat bangun dengan format,
A-D-E-A
E-F-C-D-E
F-B-C-F
Klik Translation Arrow Tool.

Lalu, untuk mengetahui masing-masing luas bangun diatas, klik kanan pada masing-masing bangun tersebut.  Lalu pilih Area. Lakukan hal serupa untuk mencari ke dua bangun lainnya.
 Untuk membuktikan Luas Trapesium, maka yang dibutuhkan adalah Luas Trapesium ABCD yang kita buat diatas. Cara yang dipergunakan sama, yaitu dengan meng-klik Polygon Tool, lalu klik titik A-B-C-D-A lalu klik kanan, pilih Area. Maka akan muncul hasil Luas Trapesium ABCD.
Setelah hasil Luas Trapesium ABCD di dapat, kemudian lakukan perhitungan dengan menggunakan Calculate untuk membuktikan bahwa Luas Trapesium ABCD yang sudah didapat sama dengan menghitung manual.
 Akan tampil tab baru, klik Value lalu (+) semua hasil bangun yang awal tadi di dapat. Lalu OK.
 Hasil akhir akan terlihat bahwa Luas Trapesium ABCD dan hasil penjumlahan dari ketiga bangun adalah sama. Berarti bangun tersebut adalah bangun datar Trapesium.


Sekian, Terima Kasih..
Semoga Bermanfaat ☺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar